Cagwi Siko A

Google
Home » » Facebook.com = frestbook = streesbook = goblok

Facebook.com = frestbook = streesbook = goblok

Saya yang baru 2 bulan terakhir ini gabung di facebook.com merasakan asyik nya gabung disana, kita bisa sharing ma orang2 luar, bisa cari temen, bisa chatting, bisa upload foto, bisa cari tman2 lama, bisa cari teman baru, bahkan juga bisa tuk cari teman masa depan, tapi setelah saya ikuti, ada sesuatu hal yng menyanggal di hati saya. apa itu???? ikuti ulasan selanjutnya

Sebelum kita menginjak lebih jauh tentang facebook, baiknya kita tau dulu sejarah berdirinya n apa itu facebook.

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.[2] Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.[3] Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi,[4] dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Nah sekarang udah tau kan, ternyata facebook merupakan situs paling banyak dikunjungi di dunia, tapi...tapi...kita kembali ke pokok bahasan, tapi walau demikian selaian banyak memberi manfaat, seperti yang saya sebutkan diaatas. juga banyak memberikan kerugian pada kita, palagi selaku mahasiswa, katanya dapat mengakibatkan kebodohan (goblok)

Waktu yang dihabiskan seorang mahasiwa untuk “Poke Friends”, posting foto, dan update status mereka di Facebook, dapat berpengaruh besar terhadap kualitas akademis mereka. Peneliti dari Ohio Dominican University, Adam Duberstein, dan Aryn Karpinski, seorang mahasiswa kedokteran dari universitas yang sama menyatakan bahwa mahasiswa yang menghabiskan waktu untuk mengakses situs jejaring social populer tersebut akan memiliki kekurangan waktu belajar dan memiliki nilai atau idneks prestasi lebih rendah daripada rata-rata mahasiswa yang tidak atau jarang mengakses Facebook.

Karpinski dan Adam Duberstein juga menyatakan bahwa mereka sudah meneliti perbedaan demografi antara mahasiswa pengguna Facebook dan non-pengguna untuk menginvestigasi typical profil mahasiwa tersebut. Kedua peneliti telah mensurvei 219 siswa di Ohio, diantaranya 102 masih berstatus mahasiwa, dan 117 responden yang telah lulus kuliah, di pertengahan tahun 2008. Total sebanyak 148 orang mereka mengaku memiliki account Facebook.

Untuk hasilnya, Karpinski menyatakan bahwa mereka yang menggunakan Facebook memiliki indeks prestasi atau GPA antara 3.0 hingga 3.5 skala 4, sedangkan untuk non-pengguna Facebook memiliki nilai IP antara 3.5 hingga 4.0. Peneliti menemukan bahwa mereka yang menggunakan Facebook hanya menghabiskan waktu satu hingga lima jam satu minggu untuk belajar, sedangkan mereka yang non-Facebook menggunakan 11 hingga 15 jam waktunya dalam satu minggu untuk belajar. Ketika ditanya soal akibat ke performance akademik, Karpinski mengungkapkan bahwa 79 persen diantara pengguna Facebook mengatakan tidak ada dampaknya karena mereka mengaku tidak sepenuhnya menggunakan frekuensi tersebut, walaupun 65 persennya mengatakan bahwa mereka menggunakan account Facebook mereka setiap hari.

Study tersebut juga menemukan bahwa ada kaitannya antara Facebook dan aktivitas mahasiwa di luar jam kampus. Mahasiswa yang bekerja selama 15 jam atau kurang dalam satu minggu akan memiliki banyak aktivitas ekstrakurikuler dibandingkan mereka yang sering menggunakan Facebook.

Nah....sekarang udah tau kan??danpak dari facebook...ayo..siapa yang maniak facebook, ngaku ja...ngak ngaku juga ya..lau ngak ni ada tanda orang yang maniak/ketergantungan facebook. Katanya ada lima tanda, ni ulasannya.

Paula Pile, ahli terapi dari Greensboro, Carolina Utara, bersama timnya menganalisa tanda-tanda ketergantungan Facebook. Menurut Pile, baik Facebook maupun para anggotanya bukan suatu masalah. Namun, jika kegiatan mengakses Facebook bisa membuat seseorang lupa diri, hal ini harus diperhatikan secara serius. Demikian yang dilansir dari CNN, Jumat (24/4/2009).

Meski tidak ada data statistik yang menyebutkan jumlah pasti para maniak Facebook, namun para ahli terapi mengkhwatirkan ketergantungan terhadap Facebook dan juga situs jejaring sosial lainnya bisa menyebabkan seseorang mengalami disfungsi sosial, dimana dia tidak lagi mempedulikan hal lain di sekitarnya kecuali Facebook.

Riset yang dilakukan PIile pada akhirnya mengungkapkan lima tanda ketergantungan Facebook yang patut diwaspadai. Seseorang dikategorikan ketergantungan Facebook jika

1. Tidur larut malam akibat asyik mengakses Facebook
2. Mengaksesnya lebih dari dua jam
3. Terobsesi menemukan kawan lama melalui Facebook
4. Mengabaikan pekerjaan demi berlama-lama mengakses Facebook
5. Merasa tak bisa hidup tanpa Facebook

Untuk mengujinya, Pile menyarankan Anda melakukan tes kecil, "Cobalah untuk menahan keinginan mengakses Facebook barang sehari. Jika Anda menjadi stres dan gelisah karenanya, berarti Anda perlu mendapat penanganan terapi khusus," tandasnya.

Ayo...masih belum ngaku!!!!!

waduuuh..capek nih...udah dulu ya...sebagai bahan penutup bagi saya, saya akan ulaskan danpak ato bahaya dari facebook itu sendiri sekalian ma solusinya.

1. Terbuangnya waktu. Pengguna Facebook enggan terlepas dari komputer, laptop, handphone, dan gadget yang mampu mengakses Facebook. Banyak waktu terbuang di depan komputer. Aturlah waktu Anda. Jangan sampai sia-sia hanya di depan komputer.

2. Hati-hatilah memasang status di Facebook. Ada tragedi yang menimpa seorang istri ketika mengganti statusnya menjadi single. Sang suami yang marah tanpa berpikir panjang langsung menghabisi sang istri. Dan hal ini telah terjadi 2 kali.

3. Hati-hatilah menaruh foto di Facebook. Yang namanya dunia internet, orang bisa melakukan bermacam-macam hal. Orang bisa meng-edit foto sedemikian rupa yang berbau negati dan menyebarkannya ke forum atau milis. Hal ini bisa merusak nama yang terlibat. Belum lagi foto dapat memicu keributan.

Pasanglah foto di Facebook dengan bijak, karena tidak hanya Anda dan teman Anda saja yang bisa melihat. Semua orang di dunia bisa melihatnya, kecuali Anda men-setting foto Anda menjadi private, sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat foto Anda.

4. Jangan menaruh sembarangan informasi pribadi. Banyak orang tidak menyadari bahaya menaruh informasi di internet. Dengan memberikan informasi tempat bekerja, nomer telepon, hingga alamat rumah, tentu dapat mengundang orang untuk berniat buruk. Bisa saja informasi tersebut dimanfaatkan untuk berbuat tidak baik. Jadi, taruhlah informasi yang umum. Jangan menaruh informasi pribadi di halaman Facebook Anda. Ingatlah bahwa tidak hanya teman Anda saja yang mengakses Facebook. Apabila Anda ingin informasi yang tertera aman dari orang-orang asing, aturlah agar hanya teman-teman Anda yang bisa mengakses Facebook Anda.

5. Diganggu orang tak dikenal. Banyak orang yang tidak berpikir panjang ketika menerima ajakan berteman dalam dunia jejaring sosial. Tanpa disadari, orang yang diterima menjadi teman bisa mengakses informasi yang tertera dalam halaman Facebook. Oleh karena itu jangan sungkan menolak ajakan teman dari orang yang tidak dikenal. Anda berhak menolak.

Sebagai tulisan terakhir dari saya...bijaksanalah anda menggunakan facebook...dan gunakanlah untuk hal2 yang bermanfaat bagi manusia dan kemanusiaan. Maknek

Bahan Bacaan :
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
2. http://rahard.wordpress.com/2009/03/05/facebook-an/
3. http://techno.okezone.com/index.php/Story//lima-tanda-ketergantungan-facebook
4. http://www.beritanet.com/Life-Style/Consumer/Surfing-Facebook.html
5. http://tekno.kompas.com
6. http://www.kabarinews.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Makn3k^ - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger